Monday, July 19, 2010

Mario Teguh Golden Ways 18 Juli 2010

Semalem MTGW tayang live. Temanya menggelitik gue banget: Kekasih Bermasa Depan Lemah. Ada temen gue yang pengen nonton tapi gak bisa, trus dia minta diceritain. Jadinya gue bikin notes tentang episode semalem deh. Gue bikinnya ngikutin urutan materi yang MT sampein. Mungkin terasa agak loncat-loncat, soalnya gue cuma ambil poin-poinnya doang.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Mario Teguh Golden Ways
Minggu, 18 Juli 2010 19.05-20.00
Tema: Kekasih Bermasa Depan Lemah

·  Orang yang masa depannya bagus = orang yang penting bagi orang lain
Keberhasilan seseorang di masa depannya bergantung pada tingkat kepentingan [manfaat] dirinya bagi orang lain. Oleh karena itu, apa yang kita lakukan sekarang harus merupakan sesuatu yang penting dan membuat diri kita penting bagi orang lain [jangan melakukan tindakan yang sia-sia, banyak-banyaklah melakukan tindakan yang membuat diri kita berguna bagi orang lain].

·  Laki-laki yang baik hanya untuk perempuan yang baik, begitu pula sebaliknya
Hal ini adalah hukum sederhana yang pasti kejadiannya seperti itu, nggak mungkin nggak. Kalau kejadian perempuan yang baik dapat laki-laki tidak baik, maka tugas si perempuan adalah memperbaiki dirinya, bukan memperbaiki pasangannya. Karena ketika kita memperbaiki diri sendiri, Tuhanlah yang akan memperbaiki pasangan kita.

·  Orang yang minder = orang yang disiapkan untuk menjadi besar
Orang minder biasanya merasa nggak pantes, masih kurang, dan mau minta saran dari orang. Sedangkan orang yang nggak minder biasanya nggak akan mau belajar, sombong, nggak mau mendengar pendapat orang lain karena merasa sudah hebat.

·  Pertanyaan dari FB: Apakah kita harus diam dan tetap meneladani suami yang berbohong?
TIDAK.
Apa yang harus dilakukan?
Supaya jangan sampai kejadian begitu,  suami harus dideketin. Kalau suami lagi ngomong didengerin, jangan dicuekin. Jangan memberangkatkan suami kerja dengan ngomel apalagi marah. Puji suami untuk tindakan-tindakan positifnya, jangan sampai suami seneng dipuji orang lain.

·  Pertanyaan polling: Apa yang akan Anda lakukan kalau punya kekasih dengan masa depan lemah?

A: No matter what, I love him... ---> 23%
Alasan audiens: tiap orang punya rezeki masing-masing, tiap usaha yang dilakukan seseorang pasti akan mendapatkan balasan dari Tuhan, jadi kenapa harus takut?

B: Mensuperkan diri kita, karena pasti kitalah yang akan menopang kehidupan masa depan kelak ---> 54%
Alasan audiens: kalau kita mensuperkan diri kita, pasangan akan melihat kita secara lebih positif dan (mudah-mudahan) pasangan akan ikut [terinspirasi] untuk berubah menjadi positif juga

C: Menggantinya dengan kekasih dengan potensi masa depan yang lebih baik ---> 23%
Alasan audiens: realistis & logis saja, untuk apa bersama dengan orang yang tidak baik? Bukankah kita harus cari yang terbaik untuk hidup kita?

Note MT: Cinta adalah ketertarikan tidak masuk akal yang sebentar. Cinta akan mampu langgeng kalau dilanjutkan dengan kasih sayang. Pernikahan yang mampu bertahan sampai puluhan tahun itu diawali dengan cinta kemudian dilanjutkan dengan kasih sayang, dan dalam perjalanan pernikahan itu keduanya berusaha agar saling jatuh cinta lagi sehingga rasa ketertarikan itu tetap terjaga.

·  Pertanyaan dari penelepon: Bagaimana menghadapi istri yang maunya dia yes, tapi maunya suami no? Saya tidak sependapat dengan dalil Bapak yang 'Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mengubahnya'. Menurut saya, harusnya 'Tuhan tidak akan mengubah nikmatNya'. Soalnya kalo manusia bisa mengubah nasibnya, nggak akan ada manusia yang sakit dong?
MT: Pantesan istri Bapak kayak gitu -,-' Itu firman Tuhan langsung lho Pak [ada di Alquran].
Istri harus bisa melihat bahwa semua usaha yang dilakukan suami itu untuk kebaikan istri dan anak-anak. Dengan begitu, dia nggak akan protes atau menolak lagi karena dia tahu apa yang dilakukan suami hanya untuk kebaikan dia dan anak-anaknya. Suami harus mengusahakan yang terbaik dari dirinya untuk menjadi pelayan bagi istri dan anak-anaknya.

·  Note sebelum jeda iklan:
Kekerasan hati yang membuat orang merusak hidupnya sendiri, selalu berasal dari masa lalu yang kurang kasih sayang dan lingkungan yang memperlakukannya dengan kejam.

·  Pertanyaan dari audiens [atau dari penelepon? Lupa hehe] : Apakah ada hubungan antara kepandaian dengan masa depan seseorang?
Di dunia ini ada 3 macam akibat:

1.   Akibat kelahiran --> kecerdasan
Yang ini udah default dari sananya, nggak bisa diubah

2.   Akbiat belajar --> kepandaian
Orang yang ikhlas belajar akan mengalahkan orang yang dari sananya cerdas

3.   Akibat pengalaman --> kebijakan
Orang yang punya banyak pengalaman akan mengalahkan orang cerdas dan pandai. Oleh karena itu, kita harus menghormati orang-orang yang lebih tua dari kita, guru-guru, dan orang tua, karena mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak dari kita

·  Pertanyaan dari penelepon: Saya sering menyamapaikan nasihat Pak Mario kepada rekan-rekan saya dan sering berhasil, tapi kenapa tidak bisa bekerja pada diri saya sendiri?
MT: Tidak ada tukang cukur yang bisa mencukur rambutnya sendiri. Yang harus dilakukan:
1.   Cari penasihat yang Anda hormati. [MT mendapatkan nasihat-nasihat dari istrinya, Bu Lina]
2.   Setiap nasihat yang kita berikan adalah ujian bagi kita. Tidak ada orang baik yang tidak diuji kebaikannya oleh Tuhan.

·  Kekasih dengan masa depan lemah bukan untuk dihindari, tetapi untuk dibantu mencapai kesuksesannya. Karena siapa tahu, kekasih dengan masa depan lemah itu adalah orang yang dipersiapkan untuk menjadi orang besar.

·  Bahasa adalah pembeda kelas
Banyak orang muda yang mengurungkan niatnya untuk membicarakan hal-hal baik dan menggunakan bahasa yang baik karena teman-teman mudanya yang lain mengolok-oloknya. Yang perlu diingat oleh orang muda, mereka bersama dengan teman-teman mudanya itu hanya sebentar saja. Orang muda harus ingat untuk membangun kualitas dirinya agar bisa bertahan dalam kehidupan.


1 comment:

  1. Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

    ReplyDelete