Friday, July 1, 2016

[Korean study #01] Apa sih prospek lulusan jurusan Sastra Korea?

Hello world!

Harus saya akui bahwa penarik traffic terbesar di blog ini adalah post tentang Sastra Korea. Banyak juga yang meninggalkan komentar di beberapa post di blog ini maupun pesan di akun media sosial saya yang lain, yang bertanya seputar jurusan Sastra Korea. Karena itu, inilah dia, post terbaru saya tentang Sastra Korea ^^

Patut diingat, jurusan yang sering disebut Sastra Korea ini kalau di UI nama resminya Bahasa dan Kebudayaan Korea. Jadi nggak cuma belajar tentang sastra doang. Mengenai belajarnya tentang apa saja akan saya bahas di post mendatang. Kali ini saya mau bahas mengenai pertanyaan nomor satu yang pasti ditanyakan ke mahasiswa jurusan Sastra Korea (dan sastra lainnya): kalau sudah lulus, prospek kerjanya gimana?



BEM UI beberapa tahun yang lalu pernah merilis prospek kerja lulusan FIB UI (untuk kepentingan acara Bedah Kampus). Masalahnya, karena rilis ini dibuat sekitar tahun 2010an (2010 itu tahun kelulusan pertama BKK UI), jadi informasinya nggak mengena sama sekali -.-  

Yang perlu diingat baik-baik, tidak semua orang akan bekerja sesuai jurusan kuliahnya dulu. Ayah saya kuliahnya Antropologi tapi kerja di bank. Teman saya kuliah Filsafat, kerjanya di Departemen Kehutanan. Jadi pada dasarnya, lulusan S1 BKK UI punya peluang yang sama besar dengan lulusan S1 dari jurusan manapun untuk pekerjaan yang tidak mensyaratkan harus lulusan jurusan tertentu.

Kalau untuk pekerjaan yang spesifik hanya menerima lulusan Sastra Korea, yang paling banyak ya translator dan interpreter. Mulai dari yang cuma freelance, sampai yang full time di perusahaan. For your info, sekarang ini ada banyak sekali perusahaan Korea yang baru merintis cabang di Indonesia, jadi mereka masih amat sangat membutuhkan lulusan Sastra Korea. Teman saya ada yang jadi sekretaris di salah satu bank Korea cabang Jakarta. Ada lagi yang jadi customer service di bank Korea cabang Bandung. Interpreter di anak perusahaan Krakatau-Posco. Senior saya banyak yang bekerja di Lotte dan anak perusahaannya, CJ dan anak perusahaannya, Korindo, Korean Air, Asiana, KakaoTalk Indonesia, TransTV dan lain-lain. Posisinya macam-macam, ada yang di General Affair, Marketing, dan lain-lain. Ada juga yang di Kedubes Korea dan KCC.

Mau masuk jurusan apapun, jangan takut sama peluang kerja duluan. Siapa bilang anak Sastra prospek kerjanya sedikit? Rosiana Silalahi (dulunya anak Sastra) saja bisa kerja di SCTV dan jadi wartawan handal. Siapa bilang anak Sastra tidak bisa kerja di Pertamina? Iya memang tidak akan bisa masuk ke bagian nyari minyaknya, tapi Pertamina juga butuh bagian General Affair kan, dan anak Sastra bisa masuk ke situ.

Semoga yang butuh pencerahan tentang jurusan Sastra Korea jadi tercerahkan, ya!

Till next post!


On this topic: Korean study #01 | Korean study #02 | Korean study #03 | Korean study #04Korean study #05 |

6 comments:

  1. Halo ka aku boleh minta id kine kaka ga buat tanya tanya hehehehehhehehe
    Btw aku juga cassie hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau tanya-tanya silakan langsung tulis di kolom komentar ini saja ya.

      Delete
  2. kk lulusan kyung hee??
    jalur apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih mahasiswa S2 Kyunghee sekarang

      Delete
  3. Kak, buat kuliah di korea itu harus kuliah dulu jurusan bakor di indo baru bisa lanjut di sana atau gimana? Trus kalo misalkan kuliah di korea otomatis kerja di korea kalo udh lulus?

    Oh iya kak, gimana sih caranya ngeyakinin orangtua sama keluarga supaya di izinin ambil jurusan yg berbau korea? Soalnya mereka itu mikirnya, kalo udh lulus dari itu mau kerja apa, secara, yg mereka tau kan profesi itu ya polisi dokter bidan dll, mereka takut anaknya nganggur pas udah lulus nanti atau gaada lapangan pekerjaan yang nerima anaknya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau kamu kuliah S1, ya nggak usah kuliah dulu sebelumnya.

      2. tidak otomatis.

      3. kamu harus pandai menjelaskan ke orangtuamu:
      1) alasan kenapa kamu mau masuk saskor UI: apakah karena kamu suka belajar bahasa dan budaya asing, atau apakah memang "cuma" karena kamu suka k-pop
      2) lulusan saskor UI semuanya kerja, baik yang kerja di perusahaan Korea maupun wiraswasta. Dari jurusan nggak ada yg nyalurin, tapi lowongan kerjanya memang ada banyak banget. Di Indonesia sekarang ada banyak sekali perusahaan Korea, mulai dari yang besar seperti Grup Krakatau Posco, Grup CJ, Grup Lotte, Naver, KakaoTalk, sampai yang "agak kecil" seperti ChefBakery. NetMarble yang bikin game online itu punya Korea. Elevenia juga punya Korea. Blitz udah dibeli sama perusahaan Korea makanya namanya ganti jadi Blitz CGV. Kalau saja orangtuamu tahu kalo grup Facebook Saskor UI itu tiap hari isinya 99% postingan lowongan kerja....

      Delete