Sunday, May 5, 2013

Doki Doki dan Namkyung

Jadi beberapa bulan terakhir saya sering main aplikasi yang namanya Doki Doki Postbox. Di sana kebanyakan yang main orang Korea dan Jepang. Karena saya memang niatnya mau cari teman orang Korea untuk melancarkan speaking (tapi tertulis -,-') saya, maka tidak ada masalah bagi saya.

Saya main Doki Doki tadinya karena ikut teman. Ternyata banyak sekali teman-teman di jurusan saya, baik teman seangkatan maupun junior, yang main aplikasi ini. Doki Doki ini pada dasarnya seperti messenger biasa, tapi bedanya, ia benar-benar anonim. Sekali kirim, kita tidak akan bisa menge-track message tersebut kecuali orang yang menerima message tersebut membalasnya ke kita. Kebanyakan, berawal dari Doki Doki lalu pindah ke Kakao Talk (karena orang Korea hampir semua punya Kakao Talk--versi Koreanya WhatsApp lah).

Kebanyakan yang main Doki Doki ini laki-laki di atas 25 tahun. Beberapa kali saya bertemu dengan anak SMA umur 17 tahun, pekerja laki-laki umur 30 tahun lewat (bahkan ada yang putri pertamanya baru lahir), tetapi paling banyak berkisar di umur 23-25 tahun. Kalau perempuan, rata-rata yang main anak SMA. Saya sudah bertemu banyak orang lewat Doki Doki ini, tetapi tidak semuanya bertahan. Kebanyakan akhirnya saling tidak menjawab (baik karena sibuk maupun bosan). Beberapa teman yang masih berhubungan baik dengan saya diantaranya 재홍 오빠,부민 오빠 (lewat Kakao Talk), 정선 삼촌, dan beberapa 오빠 lagi via Doki Doki.

Nah, biasanya pertemanan saya dengan anak SMA via Doki Doki (ataupun pindah ke Kakao Talk) tidak bertahan lama, baik itu laki-laki maupun perempuan. Faktor utamanya mungkin karena perbedaan waktu online. Saya rata-rata online setelah jam 9 malam sambil ngerjain pr, sedangkan saat itu di Korea sudah jam 11, sebentar lagi mereka harus tidur (sebenarnya 재홍 오빠 juga kalau bukan sedang 야근, jarang membalas pesan saya kalau malam hahaha). Beberapa hari yang lalu, saya bertemu anak SMA lagi. Laki-laki, namanya 이남경.

남경이 ini anaknya kelihatannya cukup sopan kalau dari message-messagenya. Ia tidak sangat antusias menjawab pesan-pesan saya seperti 윤희, tetapi juga tidak sedingin anak lain yang saya sudah lupa namanya hehehe. Ia juga langsung menggunakan bahasa sopan begitu tahu umur saya lebih tua darinya (nggak kayak 인식 yang masih saja pakai 반말 ㅡㅡ'). Lucunya, kalau semua orang lain yang mengajak pindah dari Doki Doki pasti mintanya ID Kakao Talk, nah, 남경이 ini malah minta ID Naver, hahahaha. Ampun deh. Sebenarnya saya tadinya tidak punya email di Naver (karena email saya sudah ada banyak sekali--Yahoo, Outlook, Webmail UI, Gmail bahkan ada dua), tetapi untuk melayani 남경이 ini maka saya iseng-iseng buat ID Naver. Siapa tahu nanti perlu juga, kan.

Setelah saya kirim email, ternyata 남경이 sedang belajar karena mulai besok UAS. Padahal tadinya saya mau minta tolong ia untuk mengecek ejaan bahasa Korea di tugas presentasi saya, tapi karena ia bilang mau ujian, saya jadi batal minta tolong. Dan tahukah apa yang 남경이 tulis di email keduanya kepada saya?

Oke. Fine. Saya nggak mau menerjemahkan karena saya nggak mau ada mis-translate (dan saya juga nggak mau memikirkan apa maksud omongan 남경이 ini).

Aduh nak~ kita baru juga temenan kamu kenapa ngajak jadi 어색해 gini sih ㅡㅡ'

(dan yang tidak saya mengerti, 남경이 juga balasnya selalu pendek-pendek. Jadi kenapa harus via email sih~ ㅠㅠ)

2 comments:

  1. Siang, mau nanya dong. Pke aplikasi doki doki postbox itu klo lit capture an di internet bgs2 layoutnya. Saya nyoba download kok biasa aja ya, trs g bs liat post card yg sdh prnh slg kirim, klo gg lgi bales postcard nya. Apa ada yg perlu di upgrade gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah lama banget gak main Doki Doki Postbox lagi... jadi gak tau perkembangannya sekarang gimana ;;;

      Delete