Tuesday, August 2, 2016

[Korean study #04] Belajar apa di Bahasa dan Kebudayaan Korea UI?

Hello world!

Banyak yang penasaran apakah di Bahasa dan Kebudayaan Korea UI cuma belajar bahasa Korea doang atau gimana. Iya sih, bahasa Korea memang jadi yang paling utama, tapi kita juga belajar tentang yang lain-lain kok. Secara garis besar, di BKK UI kita akan belajar tentang Kemampuan Bahasa, Linguistik, Sastra, Budaya, dan Sejarah.

Matakuliah jurusan yang wajib diikuti oleh mahasiswa BKK UI total ada 90 sks, ini belum termasuk matakuliah wajib universitas (MKWU) dan matakuliah wajib fakultas (MKWF) ya. Kalau dirinci per bidang, matakuliah yang harus diambil sebagai berikut.

Kemampuan Bahasa
Bahasa Korea I
Bahasa Korea II
Bahasa Korea III
Bahasa Korea IV
Bahasa Korea V
Bahasa Korea VI
Bahasa Korea Bisnis
Korespondensi dalam Bahasa Korea
Terjemahan Korea-Indonesia I
Terjemahan Korea-Indonesia II
Terjemahan Indonesia-Korea
Metode Pengajaran Bahasa Korea

Linguistik
Pengantar Linguistik Umum
Fonetik dan Fonologi
Morfosintaksis
Semantik

Sastra
Pengantar Kesusastraan
Sejarah Kesusastraan Korea
Pengkajian Prosa Korea
Pengkajian Drama Korea
Pengkajian Puisi Korea
Telaah Kesusastraan

Sejarah
Pengantar Sejarah Korea
Sejarah Korea Modern
Sejarah Korea Kontemporer

Budaya
Pengantar Kebudayaan Korea
Masyarakat dan Kebudayaan Korea
Kepercayaan Masyarakat Korea
Budaya Perusahaan Korea

Kalau mau lihat daftar matakuliah per semester, bisa dilihat di sini.

Metode Pengajaran Bahasa Korea itu matakuliah yang baru dibuat setelah saya lulus jadi saya nggak tahu persisnya seperti apa kuliahnya.
Kalau Pengkajian Drama Korea, jangan harap malah bisa nonton drama Korea yang lagi tayang akhir-akhir ini macam Descendants of the Sun atau W... Pas zaman saya, kami disuruh membahas film-film Korea yang agak jadul, walau nggak terlalu jadul-jadul banget sih.
Korespondensi dalam bahasa Korea itu belajar tentang istilah-istilah surat-menyurat dalam perusahaan dan lain-lain. Berguna banget kalau nantinya kerja di perusahaan Korea.

Kalau masih ada yang penasaran tentang matakuliah yang saya sebut di atas, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar~

Till next post!


On this topic: Korean study #01 | Korean study #02 | Korean study #03 | Korean study #04 | Korean study #05 |

5 comments:

  1. min, blh minta email gak? ak mau nanya bnyak nih ttg bahasa korea...ribet kl disini...

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum. Sebelumnya salam kenal, Widya imnida kkkk~. Lagi iseng nyari tentang linguistik Korea eh malah nyasar ke blog ini hehe. Saya mau tanya kak, kaka udah lulus kuliah prodi bkk apa belum yah? oh ya saya sekarang saya kuliah di jurusan sastra indonesia. Padahal saya pengennya bkk UI tp gak dapet hiks :( kalo boleh aku mau tanya2 perkuliahan kaka di bkk hehe. Gomabseumnida~

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah lulus dari BKK UI tahun 2014 :)

      Delete
  3. Kaka aku mau tanya .... Setelah lulua dari sana, kira kira bisa kerja dimana? Penghasilannya mencukupi gak? Tks kaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam-macam... Di Indonesia itu ada banyak banget perusahaan Korea. Minimal bisa kerja di situ. Ada Korindo, CJ dengan segala anak perusahaannya, Lotte dengan segala anak perusahaannya, Krakatau Posco dengan segala anak perusahaannya, Elevenia, CGV Blitz, dan masih banyak perusahaan lainnya. Pas awal masuk ya gajinya standar fresh graduate lah, di atasnya dikit kadang2

      Delete