Friday, April 10, 2009

My Very First Vote

Harusnya gue ngepost ini pas tanggal 9 April kemaren, tapi berhubung pulang nyontreng gue keasyikan nongkrongin segala jenis Quick Count yang ada di tv sampe malem banget, jadi lupa deh.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hari ini hari spesial yang udah ditunggu-tunggu gue dan temen-temen gue. Yap, this is our very first vote day. Berhubung banyak dari anak-anak kelas gue yang udah punya hak pilih, topik tentang partai apa yang bakal kita contreng cukup seru diomongin dalam beberapa minggu menjelang 9 April. Sebagian anak-anak bahkan udah janjian mau nyontreng sebuah partai. Gue sih cuma ikut-ikutan nyengir aja kalo mereka udah mulai ngomongin topik itu.


Tadi pagi gue bangun lebih pagi. Bukan karena pemilu, tapi karena gue pengen nonton dvd Hotshot dulu :) Nontonnya udahan pas azan Subuh. Abis shalat Subuh gue tidur lagi, baru bangun jam 6.30 gara-gara ayah—yang jadi anggota KPPS—ribut siap-siap mau ke TPS. Abis itu gue sarapan dulu, trus nyuci mobil bareng ibu dan ade gue. Selesai nyuci mobil jam sembilan, kita nonton Dahsyat. Gue udah yakin, pasti pergi ke TPSnya siang karena ibu ogah ngantri lama-lama. Gue sih ngikut ibu aja, lagian TPSnya lumayan jauh kalo jalan kaki, mendingan berangkat bareng ibu—karena ibu pasti naik mobil, hehehe.



Tapi pas jam 10an, ayah telepon dan sedikit ngomel. "Udah jam berapa nih? Buruan dateng, jam 12 kan pendaftarannya ditutup!" Setelah mandi plus siap-siap segala macem, jam 11 kurangan baru kita berangkat. Di jalan ketemu tetangga depan rumah yang bilang TPSnya kosong. Wah, pantesan ayah rada ngomel. Soalnya kan nggak lucu kalo gue dan ibu sampe nggak milih gara-gara datengnya telat, padahal ayah jadi KPPSnya.



Sampe di TPS, gue dan ibu bengong. Apanya yang kosong? Orang semua kursi tunggu yang tersedia penuh didudukin! Ckckck, kacau dah tuh tetangga. Sebelum duduk, gue dan ibu daftar dulu ngikutin prosedurnya. Yang jaga pendaftaran ayah. Gue dapet nomer urut 212, ibu nomer 211. Pas kita duduk, baru nomer 201-an yang dipanggil. Jadi kita nunggu deh, ada sekitar 15-20 menitan. Gue ketemu sama temen sekelas waktu kelas X dulu. Dia udah nyontreng duluan. Nggak heran, orang dari rumah ke TPS dia tinggal lompat aja.



Gue dipanggil agak lama setelah ibu dipanggil. Ketua KPPSnya ngeledekin gue wiro sableng karena nomer gue 212. Seperti biasa gue cuma nyengir doang. Setelah nerima 4 kertas suara yang ternyata tebellllll banget itu, gue masuk ke bilik 2. Pertama gue buka surat suara DPRD tingkat II. Karena baru pertama kali buka, dengan polosnya gue buka semua itu surat suara. Abis nyontreng, gue bingung sendiri ngelipetnya. Coba-coba beberapa kali, akhirnya bisa juga gue ngelipet dengan bener. Dari bilik 4 ibu ngomong, "Makanya jangan dibuka semua..." Iya juga ya, gue baru kepikiran. Akhirnya surat suara DPRD tingkat I dan DPR-RI nggak gue buka semua, cuma setengah aja. Kalo yang DPD tetep gue buka semua karena pilihan gue letak fotonya nggak memungkinkan untuk dicontreng kalo cuma gue buka setengah.


 

Gue berusaha untuk patuh sama peraturan KPU untuk mencontreng sekali saja. Tapi waktu nyontreng DPD gue lupa, harusnya yang dicontreng fotonya, gue malah nyontreng namanya. Trus gue contreng lagi fotonya. Jadi ada dua deh contrengannya. Pas gue nyemplungin surat suara ke kotak suara juga ada 'insiden' kecil. Dua surat suara terakhir yang gue cemplungin—gue lupa yang mana—nyangkut. Petugas KPPSnya yang akhirnya ngedorong tuh surat pake jari. Trus gue nyelupin kelingking kiri gue ke tinta deh. Nih foto kelingking gue. Tintanya udah agak pudar, soalnya gue motretnya jam 6 sore. Gue berharap tintanya nggak hilang sampe Senin besok, soalnya gue mau pamer sama temen-temen hehehe.







Sebelum gue dipanggil sama Ketua KPPS, ada kejadian lucu. Ada anak kecil yang ngambek karena ayah dan ibunya nyelupin jarinya ke tinta pemilu sedangkan dia nggak. Waktu orang tuanya mau pulang, anak itu nggak mau keluar dari TPS. Trus petugas KPPS yang jaga tinta pemilu ngizinin dia nyelupin jarinya kayak orang tuanya. Anak itu girang banget. Begitu dia selesai nyelupin jarinya, dia langsung lari-lari riang keluar TPS. Ckckck, tuh anak ngebet banget pengen ikut pemilu.



Apa yang gue contreng? Rahasia, dong. Yang jelas gue nyontreng nama caleg dengan nomer urut yang sama dari partai yang sama untuk setiap surat suara.

No comments:

Post a Comment